Wednesday, February 22, 2017

Hello Hong Kong, (Day 2) Disneyland



More pictures in my Instagram @harry_mdj
Baca sebelumnya di: hello hong kong, day1- ngong ping

Hari berikut menjelang dan untungnya masih dengan cuaca yang cerah meski tetap dingin dengan suhu around 14°. Highlight dari hari ini adalah Hong Kong Disneyland. Dengan berbekal One Day Pass ticket yang sudah dibeli di hotel tempat kami menginap, saya dan 2 teman seperjalanan memasuki dunia Disney. Dunia yang sejak kecil hanya ada dalam angan-angan saya saja. Yeah, it’s like a dream come true bisa ke Disneyland.

Tips:
Jika mau ke Disneyland langsung dari HKIA (hemat waktu banget sih), di Disneyland ada Left Luggage Service aka. tempat penitipan koper/backpack. Di Disneyland (Fire Dept.) juga tersedia sewa stroller (HKD 100 per hari), rain cover (HKD 50 per hari), dan wheelchair (HKD 60 per hari dan HKD 30 per hari jika pemakai berusia minimal 65 tahun).
Belilah ticket Disneyland di hotel karena selain harga biasanya lebih murah (HKD 565), juga tidak perlu antri lagi di ticket counter di Disneyland yang bisa mengular panjang. Harga tiket Disneyland sudah termasuk semua wahana dan show/parade, kecuali makan, minum, snack dan retail/spesific shops.
Untuk ke Disneyland naiklah MTR (Tung Chung Line, destinasi Tung Chung) dan turun di MTR Sunny Bay. Dari sana, lanjutkan perjalanan dengan MTR (Disneyland Resort Line) dan berhenti di MTR Disneyland Resort. Setibanya naiklah satu lantai ke atas dan keluar dari MTR station dan berjalan sedikit sebelum menemui Main Entrance Gate Disneyland.

Hong Kong Disneyland mempunyai 7 area wahana yang terdiri dari Toy Story Land, Mystic Point, Grizzly Gulch, Adventureland, Main Street USA, Fantasyland, dan Tomorrowland. Dalam satu area terdapat beberapa wahana lagi. Meski saya dan 2 teman seperjalanan menyusuri semua area, tetapi tidak semua wahana kami jajal karena antrian yang luar biasa panjang terutama di area Tomorrowland.

Selain 7 area wahana tersebut, Hong Kong Disneyland juga mempunyai sebuah kereta api yang membawa penumpang untuk mengelilingi Disneyland baik satu lingkaran penuh maupun setengah lingkaran saja.

Tips:
Selain guide map yang dapat diambil di setiap pintu masuk di Disneyland, ambil juga time guide yang akan menginformasikan jam-jam pertunjukan dan lokasi semua show serta parade yang akan diadakan pada hari itu. Mostly semua parade akan melewati Main Street USA. At least 30 menit sebelum parade dimulai, tunggu dan duduklah di trotoar supaya pandangan bebas langsung ke parade yang akan ditonton.
Jika ditawarkan kertas-kertas voucher ambilah dan jika tidak mintalah ke petugas yang membagikan voucher-voucher belanja. Mulai dari potongan langsung HKD 10 sampai dengan diskon dalam % tertentu pada jam tertentu atau untuk pembelanjaan minimal tertentu. Sebagai gambaran harga fridge magnet mulai dari HKD 48 per biji dan hand towel Disney mulai dari HKD 45 per biji. Bawalah tas belanjaan sendiri, karena Disney plastic bag akan dikenakan charge tambahan per buah, kalau tidak salah HKD 5 per plastic.
Untuk menu makan siang dan malam (kalau mau irit bisa beli dan dibawa buat bekal sebelumnya) per paket start HKD 145 (mungkin ada yang sedikit lebih murah tetapi semua di atas HKD 100, kecuali snack yang rata-rata harganya diatas HKD 50).
Pada saat berfoto dengan tokoh-tokoh Disney, jangan ragu untuk meminta tolong kepada petugas yang berjaga dan official Disneyland’s photographer. Mereka akan dengan senang hati membantu tanpa imbalan apapun. Kita pun akan difoto juga oleh mereka dan jika ingin, bisa kita claim dengan biaya tertentu.
JIka tidak sempat membeli souvenir atau berubah pikiran atau ada yang tertinggal atau bahkan tidak sempat berkunjung ke Disneyland atau hanya berfoto di main entrance gate Disneyland, kita tetap bisa membeli souvenir dan merchandise Hong Kong Disneyland di HKIA dengan harga yang sama (Terminal 1, area duty free. Jadi store-nya bisa diakses setelah kita lewat Immigration Gates).

Sebelum ke Disneyland, sarapan murah dulu Pineapple Bun yang khas Hong Kong juga
MTR Disneyland
Main Entrance Gate Disneyland
Disneyland Train Station
Snack, whole turkey leg seharga HKD 58
Lunch set - mix grilled seharga HKD 145
Main Street USA
The Parade
Tomorrowland
It's Small World Anyway - semacam rumah boneka tapi bagus
Toy Story Land
Beranjak dari Hong Kong Disneyland (Iya, haha cuman sampe sore aja di Disneyland), teman seperjalanan ngebet banget ke Ladies Market dan ke sanalah kami menuju.

“Ini dia pemandangan yang Hong Kong banget” celetuk teman seperjalanan saya, sekeluar dari MTR Mong Kok.

Dan memang daerah Mong Kok (dimana Ladies Market berada) sangatlah tipikal pemandangan postcard kota Hong Kong. Jalanan padat oleh pejalan kaki dengan lampu-lampu signage bertuliskan huruf China memancar menerangi area tersebut.

Ladies Market sendiri merupakan sebuah jalan sepanjang 4 blok (hm atau 5 yah?) yang terletak memanjang. Sebuah aisle sempit yang disediakan bagi pejalan kaki memanjang membelah Ladies Market yang dipagari oleh ratusan tenda-tenda yang menjual segala macam souvenir, daily outfits, handycraft dan banyak lainnya. Bagi yang suka membeli oleh-oleh, inilah tempatnya!
Ladies Market
Mong Kok
Tips:
TAWAR! Ini adalah hukum di Ladies Market. Saya sendiri selalu menawar harga pembukaan menjadi jauh dibawah 50% dan biasanya akan closing deal price di bawah 50%. Sebagai contoh fake branded man handbag yang dibuka dengan harga HKD 400-an bisa saya dapatkan di harga HKD 150. Fridge magnet 4 set (1 set berisi 5 biji) dapat saya peroleh dengan harga HKD 100. Gantungan kunci 3 set (1 set berisi 5 biji) dapat saya peroleh dengan harga HKD 100. Untuk kaos-kaos HK bisa saya peroleh dengan harga HKD 100 untuk 8 buah.
Tidak perlu kuatir penjual akan marah jika penawaran terlalu rendah ugal-ugalan. Pastikan saja harga yang diinginkan, dan ngotot di harga itu. Sebagai contoh kopor ukuran jumbo bisa diperoleh dengan harga HKD 300 (yang dibuka dengan harga HKD 800-an) sedangkan yang cabin size bisa diperoleh dengan harga maksimal HKD 150.
Harga yang saya peroleh bagi kami sudah murah, mungkin ada juga yang merasa masih terlalu mahal, silakan tawar lagi. Biasanya penjual juga tidak akan marah kok jika ditawar rendah. Surprisingly saya tidak terlalu perlu menggunakan jurus kalkulator, di Ladies Market para penjual sedikit lebih mahir berbahasa Inggris dibanding Hong-Kongers yang saya temui di tempat lain.
Sepantauan saya, Ladies Market mempunyai harga yang terendah yang bisa saya peroleh dibandingkan di Temple Street Market dan The Peak Market (mahal sekali di The Peak Market).

Dari keriaan belanja souvenir, hingga petang mulai beranjak ke larut, perut kami berteriak kelaparan. Salah satu keriaan di Mong Kok selain Ladies Market adalah ragam street food-nya yang banyak sekali di sepanjang jalan beberapa blok.

Pilihan kami jatuh pada sebuah counter street food di ujung jalan tepat diseberang outlet H&M. Bapak penjualnya tidak bisa berbahasa Inggris sejauh pengamatan saya selain menyebutkan harga dagangannya per piece. Pilihan kami tidak salah, street food yang dijual very tasty and so good. Dari sate-satean goreng yang terdiri dari sosis mini, siumay, bakso, usus babi lilit (my favorite. Taste heavenly), stinky tofu (my runner up favorite. Mouthgasm) hingga ke gorengan macam sosis dan kaki gurita (salty and taste good). Harga mulai dari HKD 13 untuk 1 buah stinky tofu (jangan lupa saos manisnya. Semacam saos untuk Peking Duck jika di Indonesia) hingga HKD 29 untuk sekantung kertas kaki gurita.

Street Food corner pilihan kami
Stinky tofu seharga HKD 13
Sosis mini dan usus babi seharga @ HKD 15
Kaki gurita seharga HKD 29 per bag
Grape soft ice cream
Tips:
Untuk ke Ladies Market gunakan MTR (Tsuen Wan Line), turun di MTR Mong Kok dan berjalan ke exit Ladies Market.
Selain Ladies Market, Mong Kok juga berjejalan dengan apotik dan outlet branded sale, khususnya untuk sepatu dari merk Nike, Adidas, New Balance, Converse, dan lain-lain.
Bawa tissue sendiri, karena di counter-counter street food biasa tidak disediakan tissue.

Dan itulah akhir dari hari ke dua kami di Hong Kong.

***
Baca selanjutnya di: hello hong kong, day 3 - peak

No comments:

Post a Comment